. Promosi Produk Gratis - Welcome to My Site

Promosi Produk Gratis

Dijaman bisnis online tidak asing. Usaha yang sekarang ini sedang naik daun ini ternyata menjadi sebuah cara yang cepat dan ampuh untuk mendulang keberhasilan. Promosi Produk Gratis Namun, sebagaimana bisnis lainnya, berbisnis online juga harus harus tahu dan wajib mempelajari tips and triknya, khususnya dalam hal promosi.

Sehingga, promosi disinilah yang kerap membutuhkan banyak dana, apalagi jika anda seorang pemula. Lalu bagaimana cara agar kiranya anda bisa promosi bisnis online anda dengan gratis? Cobalah beberapa cara dibawah ini:

1. Tingkatkan layanan pelanggan
Sebagai pelaku bisnis online anda harus memaksimalkan pelayanan yang baik, ramah kepada customer dan merasa dilayani dengan istimewa. Cara promosi bisnis online gratis dengan meningkatkan layanan pelanggan antara lain dengan:

a. Merespon pelanggan dengan cepat baik melalui telepon, email, media social, live chat dll.
b. Tulisan ungkapan terimakasih
c. Meminta umpan balik dengan mengirimkan email
d. Buat mekanisme pengembalian atau tukar barang dengan mudah
e. Berikan hadiah khusus untuk paket produk tertentu

Kedua. Optimalkan SEO website perusahaan
Promosi bisnis online selanjutnya dengan memaksimalkan SEO. Bagi pelaku bisnis online SEO bisa menjadi hal yang rumit, anda hanya harus membuat halaman produk perbandingan, memperbarui homepage dengan posting twitter atau blog terbaru, dan membuat ulasan pelanggan dengan tambahan frase dan kata kunci yang banyak digunakan pelanggan.

3. Aplikasikan harga psikologis
Bisa dibuktikan bahwa dengan mengaplikasikan harga psikologis anda bisa mempengaruhi keputusan pelanggan dengan menetapkan promosi dan harga produk. Hal ini akan mendorong customer untuk membelanjakan uang mereka dengan lebih banyak.
Strategi cara promosi bisnis online gratis bisa anda tempuh dengan menetapkan harga misalnya: diskon 30%, buy one get one free, dll.

Keempat. Buat sector mobile lebih optimal
Strategi cara promosi bisnis online gratis bisa dilakukan dengan membuat situs e-commerce untuk men-support tampilan mobile. Hal ini bertujuan untuk memberikan pengalaman yang sama kepada customer ketika memakai desktop. Dalam melakukan optimasi e-commerce sector mobile hal yang harus anda perhatikan antara lain tampilan navigasi untuk mobile yang mudah digunakan dan jelas.

Lima. Tergabung dengan influencer online
Promosi bisnis online bagi anda memiliki produk seperti aksesoris atau produk pakaian yaitu dengan memberikannya kepada blogger fashion untuk menulis produk secara intensif. Umumnya influencer online ini telah mempunyai anggota yang banyak dan menjadi cara yang bagus untuk mempublikasikan produk dengan lebih luas.

6. Pertimbangkan layanan e-commerce dan layanan subscription
Layanan subscription dimana customer bisa mengetahui produk anda yang baru tanpa harus selalu mengunjungi halaman anda. Cara ini mampu meningkatkan penghasilan dengan stabil.

Ketujuh. Aplikasikan 4 strategi pengiriman
Cara promosi bisnis online gratis dengan 4 strategi pengiriman yang bisa memberikan pengaruh untuk melanjutkan proses pembelian antara lain:

a. Pengiriman gratis yang bisa anda berlakukan berdasarkan wilayah yang gampang dijangkau atau jika belanja dengan batas nominal tertentu
b. Gratis pengiriman kembali untuk membangun kepercayaan customer
c. Pengiriman flat untuk anda yang menjual produk serupa tanpa ukuran dan berat yang bervariasi
d. Pengiriman cepat untuk pelanggan yang membutuhkan produk dalam waktu sangat dekat misalnya dengan pilihan pengiriman cepat mulai dari 1 hingga 3 hari.

8. Pacu pengalaman belanja dengan seni cross selling
Salah satu cara promosi bisnis online gratis dengan memberikan kesempatan untuk pelanggan dalam mendapatkan produk yang diinginkan. Promosi bisnis online dengan cross selling ini bisa anda aplikasikan sehingga dengan membeli produk A beserta produk B, C, atau D hanya dibayar dengan nominal tertentu yang lebih murah yang memungkinkan anda bisa menjual produk lebih banyak.

Sembilan. Membangun email marketing
Cara promosi bisnis online gratis dengan merintis email marketing bisa dicontohkan: Email selamat datang untuk customer baru, Email newsletter bulanan dengan produk baru dan promosi, Email produk baru untuk produk sejenis yang dibeli, Email events dll. Hal ini bisa meningkatkan penjualan, membangun hubungan dengan pelanggan yang lebih dekat dan meningkatkan traffic.

10. Bidik target pasar
Setelah menganalisa jangkauan pelanggan bisa membidik target pasar, cara promosi bisnis online gratis selanjutnya bisa anda lakukan dengan memecah target pelanggan untuk pasar tertentu. Setelah target terbentuk dengan anggaran kecilpun anda bisa melakukan banyak hal yang melibatkan pelanggan melalui konten online, guest blogging, jejaring social, dll.

Promosi Produk Gratis Dengan cara promosi bisnis online gratis tersebut bisa membuat omset bisnis digital anda semakin meningkat. Nah, dengan beragam cara promosi bisnis online gratis diatas, apa yang anda tunggu? Segera saja optimasi atau promosi bisnis online anda dengan hemat.

Bacaan lainnya : Jelaskan Tujuan Promosi Produk, Cara Mempromosikan Barang Di Alfamart, Cara Mempromosikan Toko Online, Promosi Untuk Meningkatkan Penjualan, Bahasa Menarik Untuk Promosi, Tidak Bisa Iklan Di Instagram, Promosi Berbayar Instagram, Contoh Tulisan Promosi Makanan, Cara Buat Promosi Di Shopee, Cara Untuk Mempromosikan Produk, Promosi Gratis Instagram, Contoh Promosi Website, Cara Mempromosikan Produk Dengan Baik, Promosi Google Ads, Promosi Barang Online, Promosi Makanan Bahasa Inggris, Promosi Dan Penjualan, Cara Promosi Di Internet, Contoh Promosi Barang Online, Contoh Iklan Bisnis Online Yang Menarik, Pengertian Promosi Penjualan Dan Contohnya, Cara Promosi Jualan Online Di Facebook, Sebutkan Jenis Jenis Promosi Dalam Usaha Ritel, Cara Promosi Youtube Channel, Contoh Promosi Iklan Makanan, Bahasa Promosi Menarik, Cara Promosi Usaha Kuliner, Cara Promosi Produk Di Facebook Gratis, Promosi Photography, Barang Promosi Unik, Cara Mempromosikan Barang Dengan Baik, Cara Promosi Lewat Google, Cara Mempromosikan Produk Fair And Lovely, Contoh Promosi Azaria, Contoh Promosi Tour And Travel, Contoh Promosi Produk Yang Menarik, Sebutkan Keuntungan Promosi, Meningkatkan Promosi, Berikut Yang Bukan Merupakan Tujuan Dari Promosi Yaitu, Contoh Promosi Jasa Photography, Promosi Rumah Dijual, Contoh Cara Promosi, Menghilangkan Promosi Di Instagram, Contoh Promosi Batik, Contoh Promosi Produk Hp, Contoh Promosi Pakaian, Cara Mempromosikan Makanan Lewat Online, Cara Membuat Promosi Barang, Contoh Promosi Sunlight, Cara Mempromosikan Catering

Tips Mendapatkan Promosi Gratis Untuk Bisnis Anda
Mempromosikan produk tidak semuanya harus berbayar. Banyak cara untuk mempromosikan produk anda secara gratis. Berikut ini adalah cara untuk mempromosikan produk secara gratis dengan mudah.

Membuat artikel marketing
Pada sebuah toko online wajib menurut saya untuk memiliki fitur blog yang nanti digunakan untuk menulis artikel. Buatlah artikel sebanyak-banyaknya mengenai produk anda untuk mendapatkan pengunjung tertarget dari mesin pencari. Untuk itu website anda harus user friendly dan seo friendly agar pengunjung nyaman dan mudah dalam menavigasi website anda dan juga mesin pencari juga mudah menemukan website anda.

Sekali-kali buatlah artikel berbentuk tips-tips yang bermanfaat agar bisa memberi image kepada pengunjung bahwa website toko online anda berkualitas. Untuk membuat artikel marketing ini tentu dibutuhkan wadah seperti blog. Sekarang ini sudah banyak platform yang menyediakan blog-blog gratis.

Membuat video marketing
Anda bisa membuat video-video menarik dan tawaran-tawaran mengenai produk anda. Membuat video disini tidak harus dengan alat yang profesional. Bisa dengan foto-foto produk dari handphone dan ditambahkan kata-kata dan di edit se menarik mungkin. Di awal atau akhir video anda harus menuliskan alamat toko online anda.

Setelah itu anda bisa meng-upload video tersebut ke youtube atau social media lainnya dan jangan lupa tuliskan tawaran menarik dan alamat toko online anda pada bagian deskripsi.

Membangun email marketing
Cara ini sudah dikenal ampuh untuk membangun selalu hubungan anda dengan konsumen maupun calon konsumen. Anda bisa menarik pengunjung toko online anda dengan tawaran-tawaran menarik, atau tips-tips menarik agar mereka mau mendaftarkan email mereka di sistem anda. Anda bisa menggunakan sistem email pihak ketiga. Jika anda sudah mempunyai banyak list email, anda bisa mengirimkan tawaran-tawaran menarik anda langsung ke email mereka.

Berpromosi di media sosial
Selain berpromosi prodik-produk anda, sesekali promosikan juga artikel-artikel anda ke media sosial agar toko online anda mendapat banyak kunjungan. Jika anda mempunyai kontak BBM, teman dan follower yang banyak di media sosial, itu akan menjadi lebih mudah lagi.

Tapi jika teman dan follower anda sedikit anda bisa mention di Twitter orang lain, masuk ke ke grup-grup Google+, Facebook, grup BBM, WhatsApp, Line dan masih banyak lainnya.

Carilah grup yang sesuai dengan tema produk anda. Promosilah dengan minta izin dan kata-kata yang menarik. Promosi inijuga bisa dilakukan dengan men-share secara otomatis produk Anda ke media sosial yang Anda miliki.

Promosi mulut ke mulut
Setelah toko online anda siap untuk di promosikan, anda bisa mempromosikan toko online anda tersebut dengan cara mengabari teman-teman kerja, teman lama, keluarga, tetangga dan kerabat anda lainnya. Anda tidak perlu mempromosikan langsung agar mereka mau membelinya, tapi berpura-puralah kepada mereka untuk meminta tanggapan mengenai toko online baru anda.

Promosi di forum-forum
Ada banyak sekali forum-forum besar di Indonesia. Anda bisa memanfaatkannya untuk promosi produk kita, tentunya dengan mengikuti aturan-aturan dari masing-masing forum tersebut. Biasanya forum tersebut akan menyediakan ruang khusus untuk member yang mau berpromosi.

Guest Blogging
Dengan strategi ini buatlah artikel-artikel menarik di situs-situs yang menyediakan guest post atau penulis tamu dimana dalam artikel tersebut anda harus bisa membuat tautan atau rujukan kesitus anda secara natural. Dimana pembaca tidak merasa ada kesan promosi pada artikel tersebut. Anda bisa menautkan ke artikel-artikel atau langsung ke alamat utama toko online anda.

Berkomentar di berbagai website, blog, forum dan sosial media
Cara ini berbeda dengan cara-cara diatas, disini kita tidak mempromosikan secara langsung produk-produk anda. Anda  hanya perlu berkomentar atau menanggapi suatu topik yang sedang heboh dibicarakan. Tulislah tanggapan anda mengenai topik tersebut, setelah menulis komentar/tanggapan tinggalkan sebuah kalimat pendek yang menarik beserta link / anchor link menuju toko online anda sebagai tanda tangan anda.

Pakai produk sendiri
Cara ini hanya berlaku jika produk anda adalah produk yang bisa digunakan pada kegiatan sehari-hari.  Gunakanlah produk-produk terbaik, jika produk anda unik dan bagus maka akan memancing orang-orang disekitar anda untuk bertanya seputar produk tersebut. Disitulah kesempatan anda untuk berpromosi.

Banyak di cari : Jelaskan Tujuan Promosi Produk, Cara Mempromosikan Barang Di Alfamart, Cara Mempromosikan Toko Online, Promosi Untuk Meningkatkan Penjualan, Bahasa Menarik Untuk Promosi, Tidak Bisa Iklan Di Instagram, Promosi Berbayar Instagram, Contoh Tulisan Promosi Makanan, Cara Buat Promosi Di Shopee, Cara Untuk Mempromosikan Produk, Promosi Gratis Instagram, Contoh Promosi Website, Cara Mempromosikan Produk Dengan Baik, Promosi Google Ads, Promosi Barang Online, Promosi Makanan Bahasa Inggris, Promosi Dan Penjualan, Cara Promosi Di Internet, Contoh Promosi Barang Online, Contoh Iklan Bisnis Online Yang Menarik, Pengertian Promosi Penjualan Dan Contohnya, Cara Promosi Jualan Online Di Facebook, Sebutkan Jenis Jenis Promosi Dalam Usaha Ritel, Cara Promosi Youtube Channel, Contoh Promosi Iklan Makanan, Bahasa Promosi Menarik, Cara Promosi Usaha Kuliner, Cara Promosi Produk Di Facebook Gratis, Promosi Photography, Barang Promosi Unik, Cara Mempromosikan Barang Dengan Baik, Cara Promosi Lewat Google, Cara Mempromosikan Produk Fair And Lovely, Contoh Promosi Azaria, Contoh Promosi Tour And Travel, Contoh Promosi Produk Yang Menarik, Sebutkan Keuntungan Promosi, Meningkatkan Promosi, Berikut Yang Bukan Merupakan Tujuan Dari Promosi Yaitu, Contoh Promosi Jasa Photography, Promosi Rumah Dijual, Contoh Cara Promosi, Menghilangkan Promosi Di Instagram, Contoh Promosi Batik, Contoh Promosi Produk Hp, Contoh Promosi Pakaian, Cara Mempromosikan Makanan Lewat Online, Cara Membuat Promosi Barang, Contoh Promosi Sunlight, Cara Mempromosikan Catering

Ada banyak cara untuk mempromosikan bisnis online. Faktanya ada lebih dari 10 tempat yang bisa kita gunakan untuk mempromosikan bisnis kita secara gratis. Jadi kita tidak perlu mengeluarkan uang sedikitpun untuk membayar iklan dan menjangkau calon pembeli.

Pada artikel ini kami akan mencoba membahasnya untuk Anda. Harapannya apa yang kami bahas ini bisa menjadi kabar gembira untuk para pebisnis online yang anggaran iklannya terbatas atau bahkan tidak punya.

Akan tetapi jika Anda punya anggaran untuk beriklan, kami sarankan agar Anda tetap beriklan. Ini bukan tanpa alasan. Alasannya adalah karena dengan beriklan prosesnya lebih terukur dan hasilnya bisa lebih cepat terasa daripada dengan menjalankan promosi bisnis online gratis ini.

Tempat Promosi Bisnis Online Gratis
Ada lebih dari 10 tempat promosi bisnis online gratis yang bisa kita gunakan. 10 tempat tersebut antara lain :

Facebook
Facebook adalah sosial media terbesar dengan pengguna terbanyak di seluruh dunia hingga saat ini. Dengan fakta tersebut menjadikan Facebook sebagai tempat promosi bisnis online yang baik untuk kita.

Facebook memang menyediakan fitur iklan yang bernama Facebook Ads. Kita tinggal membayar Facebook Ads dan mereka akan bekerja untuk kita. Namun meskipun begitu bukan berarti kita tidak bisa berpromosi dan menjangkau calon pembeli kita di Facebook secara gratis. Ada tempat-tempat di Facebook yang bisa kita gunakan, yang diantaranya :

Facebook Personal Account
Facebook Page
Facebook Page Stories
Facebook Group
Facebook Story
Facebook Live
Facebook Event

Pinterest
Pinterest mungkin tidak sepopuler di luar negeri. Tetapi jika merujuk fakta-fakta tentang Pinterest maka kita tidak akan melewatkannya untuk mempromosikan bisnis online kita secara gratis.

Salah satu fakta yang menarik adalah sebanyak 72% pengguna mengatakan bahwa Pinterest memberikan inspirasi kepada mereka untuk berbelanja ketika mereka sedang tidak ingin membeli sesuatu. Bisa kita bayangkan betapa kuatnya pengaruh Pinterest terhadap keputusan dalam berbelanja. Ada banyak orang yang semula tidak ingin membeli sesuatu, begitu melihat Pinterest mereka jadi terinspirasi untuk membeli.

Tidak berbeda dengan Facebook, di Pinterest ada beberapa tempat promosi bisnis online gratis yang bisa kita gunakan, diantaranya :

Pinterest Communities
Pinterest Tribes
Pinterest Group Boards
Pinterest Boards

Instagram
Saat ini Instagram merupakan salah satu website dengan pengguna terbanyak di dunia. Bersanding Facebook dan juga Youtube. Dengan pengguna yang sangat banyak dan didominasi oleh kaum milenial, Instagram menjadi tempat promosi bisnis online gratis yang tidak bisa kita lewatkan begitu saja.

Sama halnya dengan Facebook dan Pinterest, Instagram juga punya tempat-tempat gratis untuk mempromosikan bisnis online kita, yang diantaranya :

Instagram Posts
Instagram Stories
Instagram Live
Instagram TV

Twitter
Meskipun pengguna aktif Twitter di Indonesia tidak sebanyak beberapa tahun lalu, tetapi Twitter tidak bisa kita sepelekan. Hal ini dikarenakan Twitter masih punya basis pengguna yang cukup loyal. Hal ini terbukti dengan banyaknya berita viral yang awalnya berawal dari (hashtag di) Twitter.

Adapun tempat promosi bisnis online gratis yang bisa kita gunakan di Twitter antara lain :

Group Conversation
Direct Message

Youtube
Saat ini Youtube juga mempunyai predikat sebagai salah website dengan pengguna terbanyak di seluruh dunia. Bedanya dengan website lain, Youtube berfokus pada konten video. Ada jutaan video yang diupload dalam sehari di seluruh dunia. Dan ini punya peluang yang bagus sebagai tempat mempromosikan bisnis online secara gratis.

Tempat yang bisa kita gunakan untuk berpromosi antara lain :

Youtube Channel
Youtube Live

Itulah beberapa tempat promosi bisnis online yang bisa kita gunakan secara gratis. Daftar ini tidak berhenti sampai di situ saja. Masih ada banyak tempat-tempat gratis yang bisa kita pakai. Dan ini akan tetap kami update secara bertahap.

Demikian sedikit tulisan tentang  tempat promosi bisnis online gratis ini. Mudah-mudah bermanfaat dan sampai bertemu di artikel berikutnya.

Yang di cari pengunjung : Jelaskan Tujuan Promosi Produk, Cara Mempromosikan Barang Di Alfamart, Cara Mempromosikan Toko Online, Promosi Untuk Meningkatkan Penjualan, Bahasa Menarik Untuk Promosi, Tidak Bisa Iklan Di Instagram, Promosi Berbayar Instagram, Contoh Tulisan Promosi Makanan, Cara Buat Promosi Di Shopee, Cara Untuk Mempromosikan Produk, Promosi Gratis Instagram, Contoh Promosi Website, Cara Mempromosikan Produk Dengan Baik, Promosi Google Ads, Promosi Barang Online, Promosi Makanan Bahasa Inggris, Promosi Dan Penjualan, Cara Promosi Di Internet, Contoh Promosi Barang Online, Contoh Iklan Bisnis Online Yang Menarik, Pengertian Promosi Penjualan Dan Contohnya, Cara Promosi Jualan Online Di Facebook, Sebutkan Jenis Jenis Promosi Dalam Usaha Ritel, Cara Promosi Youtube Channel, Contoh Promosi Iklan Makanan, Bahasa Promosi Menarik, Cara Promosi Usaha Kuliner, Cara Promosi Produk Di Facebook Gratis, Promosi Photography, Barang Promosi Unik, Cara Mempromosikan Barang Dengan Baik, Cara Promosi Lewat Google, Cara Mempromosikan Produk Fair And Lovely, Contoh Promosi Azaria, Contoh Promosi Tour And Travel, Contoh Promosi Produk Yang Menarik, Sebutkan Keuntungan Promosi, Meningkatkan Promosi, Berikut Yang Bukan Merupakan Tujuan Dari Promosi Yaitu, Contoh Promosi Jasa Photography, Promosi Rumah Dijual, Contoh Cara Promosi, Menghilangkan Promosi Di Instagram, Contoh Promosi Batik, Contoh Promosi Produk Hp, Contoh Promosi Pakaian, Cara Mempromosikan Makanan Lewat Online, Cara Membuat Promosi Barang, Contoh Promosi Sunlight, Cara Mempromosikan Catering

Promosi Produk Gratis

CARA BUKA JASA PROMOSI ONLINE 

Rahasia Cara Kerja Cerdas : 
· Kerja < 15 menit/order 
· Modal minimal Rp.100.000,- untung 50-100% 
· Tidak butuh keahlian khusus 
· Tidak butuh pengalaman khusus 
· Pasar luas 
· Prospek panjang 


Kata Pembuka 
Halo, saya ingin membagikan informasi cara mendapatkan uang dari internet dengan menjual jasa promosi online. Tapi kali ini saya ingin mengajak Anda untuk melihat dari sudut pandang yang lain. Saya tidak menggunakan SEO, Google ads ataupun Facebook ads yang membutuhkan waktu lama untuk mempelajarinya. Di sini saya menggunakan RajaTraffic karena tidak butuh waktu untuk mengerti cara menggunakannya. Hal yang paling utama adalah biaya iklannya sangat murah hanya Rp.1 sampai 2,5/tayang. Ya, betul, saya tidak salah tulis, biaya iklannya memang hanya satu rupiah sampai dua koma lima rupiah per tayang dan itu harga fix tidak perlu bidding. 

Dengan biaya iklan yang sangat murah tentu bisa dijual murah juga, sehingga Anda bisa menawarkan ke banyak orang, siapapun. Anda bisa menjual jasa promosi online mulai Rp.20.000/4000 tayang. Dengan harga paket Rp.20.000 Anda sudah untung bersih Rp.10.000/campaign. Kelihatannya memang sangat kecil, tapi dengan harga Rp.20.000/campaign maka siapapun mau pasang iklan. Artinya peluangnya sangat besar dan prospeknya masih sangat panjang. Apalagi keuntungan bersih yang bisa Anda peroleh mencapai 50% per campaign. Ini adalah jenis bisnis yang potensial scalling up karena keuntungan dan resikonya sudah bisa diestimasi. 

Di sini saya sudah memaparkan semua secara lengkap mulai dari cara mendaftar, cara memasang iklan, cara mendesain banner iklan, cara menentukan harga jual sampai ke cara menghitung keuntungan dan cara memasarkan produk. 

Peluang Usaha di Internet 
Ada banyak sekali peluang usaha di internet untuk mendapatkan uang, mulai dari menjual produk sampai menjual jasa. Produk di internet sendiri dibagi dua yaitu produk fisik dan produk non fisik. Produk non fisik sering disebut juga dengan produk digital. Contoh produk digital adalah ebook, sofware, desain, video, suara. Kategori produk digital mengacu kepada bentuk pertama ketika ditawarkan, karena ebook ketika dicetak (print) maka akan berubah menjadi produk fisik, begitu juga dengan desain misalnya banner. 

Sedangkan contoh produk fisik ada banyak sekali mulai dari pakaian, makanan sampai properti. Bagaimana dengan jasa? Jasa juga memiliki banyak sekali peluang, mulai dari yang kecil seperti jasa pembuatan akun email, jasa pembuatan akun facebook sampai jasa pembuatan website. Di internet, ada banyak orang yang punya uang tapi tidak punya waktu, atau butuh sesuatu tapi tidak tahu bagaimana cara mendapatkannya. Di sinilah bisnis jasa memiliki peluang besar. 

Metode Promosi Online 
Saya ingin berbagi tentang bagaimana cara mendapatkan uang dari jasa promosi online. Promosi online itu sendiri ada banyak sekali jenisnya berdasarkan metode dan media yang digunakan. Masalahnya, sebagian besar promosi online memerlukan keahlian, pengetahuan bahkan pengalaman. Sebutlah salah satu metode promosi online yaitu SEO, bagi pemula yang betul betul awam, membutuhkan waktu setidaknya 3-6 bulan untuk memahami dasar dasarnya.

itupun belum bisa langsung jualan. Karena untuk menjual jasa Seo ternyata juga butuh pengetahuan mengatur strategi cara menentukan harga berdasarkan tingkat kesulitan keyword, kesepakatan cara pemeliharaan dan sebagainya. 

Bagaimana dengan metode dan saluran lainnya seperti Facebook ads dan Google ads? Untuk Facebook ads, setelah deposit biaya iklan, iklan Anda tidak bisa langsung tayang. Iklan harus memenuhi berbagai persyaratan yang ditentukan. Di dalam banner tidak boleh mengandung teks lebih dari 10%, isi iklan tidak boleh berisi iming iming, dan sejumlah aturan lainnya. Untuk pengaturan iklan, Anda juga harus mengerti soal interest terhadap market (audience) yang menjadi target Anda. Itu belum selesai, masih ada hal lain yang harus Anda pelajari sampai Anda siap untuk menjual jasa promosi online. Bagaimana dengan Google ads? Di Google ads Anda harus paham cara riset keyword (kata kunci), cara meningkatkan quality sqore agar bid (pengajuan harga) iklan Anda bisa turun (lebih kecil). 

Apakah masih kemungkinan metode promosi online lainnya? Masih banyak dan banyak lagi. Saya akan bahas satu lagi saja. Misal, jika Anda membuat puluhan blog yang Anda isi artikel lalu Anda optimasi sampai memiliki banyak traffic. Tapi masalahnya, Anda harus siap dengan konsekuensi diantaranya: 
· Butuh waktu lama membangun banyak blog sampai memiliki banyak traffic dan siap dikomersialkan. 
· Harus siap melakukan pemeliharaan rutin mulai dari update artikel sampai optimasi SEO. 
· Biaya pemeliharaan lainnya seperti perpanjangan biaya hosting, biaya perpanjang domain. 

Anda juga harus memikirkan kalau sedang sepi job, sedangkan aktivitas dan biaya pemeliharaan harus tetap berjalan. Nah, pada bagian berikutnya saya akan membahas bagaimana cara menjual jasa promosi online tanpa harus membangun/memiliki aset jaringan blog terlebih dahulu, tanpa harus menguasai keahlian tertentu, atau tanpa harus menguasai sederet aturan dan pengetahuan seperti halnya Facebook ads dan Google ads. 

Prospek Jasa Promosi Online 
Padahal peluang jasa promosi online itu cukup besar. Berdasarkan data dari situs kominfo.go.id, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) melansir sebanyak 3,79 juta usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) sudah memanfaatkan platform online dalam memasarkan produknya. Jumlah ini berkisar 8 persen dari total pelaku UMKM yang ada di Indonesia, yakni 59,2 juta. Artinya masih ada 55,41 juta pemilik usaha yang masih bisa ditawarkan jasa promosi online. 

Peluang Jasa Promosi Online 
Di sini saya akan memberitahu Anda tentang pengalaman saya bagaimana cara menjual jasa promosi online dengan menggunakan RajaTraffic. Rajatraffic memiliki 2 situs yaitu RajaTraffic.com dan RajaTraffic.net. Anda bisa menggunakan salah satu atau keduanya, sama saja. Di Rajatraffic.com biaya tayang Rp.2,5/tayang sedangkan di RajaTraffic.net biaya tayang Rp.1/tayang.

Ada banyak sekali keuntungan menggunakan RajaTraffic, diantaranya: 
1. Milik orang Indonesia. Situs agency iklan milik orang Indonesia asli yang dikelola orang Indonesia juga. Anda tidak akan menemui kendala bahasa saat memasang iklan, membaca semua aturan dan ketentuan maupun konta untuk support. 
2. Biaya iklannya sangat murah hanya Rp.2,5/tayang bahkan bisa lebih rendah sampai Rp.1/tayang. Biaya fix jadi tidak perlu bidding. 
3. Orang awam juga bisa. Kalau Anda mau pasang iklan, Anda hanya perlu deposit biaya iklan, upload banner lalu menunggu iklan Anda selesai tayang. Semudah itu. 
4. Dashboardnya sangat simple, Anda juga bisa memantau hasil performa iklan berdasarkan jumlah tayang dan klik. 
5. Deposit bank lokal (Indonesia), jadi Anda tidak harus punya akun paypal atau memiliki kartu kredit. 
6. Minimal biaya deposit cuma Rp.100.000 itupun bisa dibagi 4 campaign. 

Rajatraffic adalah jenis iklan CPM. Kalau desain banner Anda cukup menarik, Anda juga mendapatkan klik dan tidak dikenakan biaya tambahan. Untuk meningkatkan klik, ada beberapa tipsnya, saya akan paparkan di bagian lain. 

Hal yang terpenting adalah dengan biaya iklan yang sangat murah, sehingga Anda juga bisa jual murah juga. Kalau biaya iklannya mahal, sudah pasti Anda bakal kesulitan untuk menjual jasa promosi online. Anda bisa menjual jasa promosi online mulai Rp.20.000/4.000 tayang sampai Rp.150.000/40.000 tayang. Harga di kisaran itu sangat terjangkau untuk semua pemilik usaha (klien Anda nanti). Dengan harga jasa Rp.20.000 Anda pasti bisa dapat minimal 5 klien sekaligus, Anda sudah cukup punya modal untuk bayar deposit iklan minimal Rp.100.000,-. Kalau tidak mau repot, Anda deposit Rp.100.000 saja Anda sudah minimal 50%. Tenang, uang yang Anda deposit tidak akan hilang atau hangus. 

Jujur saya, bagi saya ini pekerjaan yang menarik dan menyenangkan. Bayangkan saja: 
· Keuntungan bersih 50-100% 
· Modal kecil minimal Rp.100.000,- 
· Pengerjaan tiap order < 15 menit 
· Tidak butuh keahlian khusus 
· Tidak butuh pengetahuan khusus 
· Dapet klien langsung kerja 
· Tanpa resiko 
· Halal 100% 
· Pasar terbuka luas dengan harga jual murah mulai Rp.20.000,- 
· Prospek panjang 
· Bisa jadi sambilan atau pekerjaan utama, tidak ada keterikatan 

Istilah Advertising 
Sebelum mulai membahas tentang cara membuat iklan, saya akan membahas dulu hal hal umum seputar iklan yang perlu Anda ketahui. 
1. Agency 

RajaTraffic adalah adalah perusahaan agency advertising yang menjembatani maupun mengatur transaksi antara advertiser dan publisher. Agency ini punya akses ke ribuan publisher dan menerima pendaftaran publisher baru setiap hari. Agency mengkoordinir publisher dan mengatur pembayaran iklan untuk publisher. Secara posisi, agency ada di tengah seperti ini: 

Dengan adanya agency maka Advertiser (Anda sebagai advertiser) mendapatkan banyak kemudahan karena tidak perlu repot repot mencari publisher, tidak perlu repot membayar publisher, dst. Semua sudah disediakan oleh agency mulai dari sistem sampai pengaturan pembayaran. Agency juga menyediakan dashboard yang memudahkan publisher antara lain untuk: 
· Mengecek sudah berapa deposit yang masuk, terpakai dan tersisa. 
· Mengecek berapa kali jumlah iklan yang tayang dan diklik. 

2. Advertiser 

Advertiser adalah orang yang memasang iklan atau mengeluarkan biaya pemasangan iklan untuk mempromosikan produknya atau bisnisnya atau bahkan bisnis orang lain. Ketika Anda memasang iklan di RajaTraffic maka Anda juga termasuk advertiser. Iklan Anda nantinya akan ditayangkan di situs situs publisher. 
3. Publisher 

Publisher adalah orang yang bersedia websitenya digunakan untuk dipasang iklan. Iklan bisa dipasang dimana saja, bisa di atas, kanan, kiri atau bawah halaman website. Publisher akan mendapatkan uang dari setiap iklan yang ditayangkan di website miliknya. Jumlah pembayaran yang didapatkan berbeda beda tergantung jenis iklan yang ditayangkan. Jenis iklan ada jenis CPC, jenis CPM, dll. Sedangkan bentuk iklan bisa berupa gambar (banner), text, dan lain lain. RajaTraffic hanya menyediakan iklan CPM jenis banner karena gambar lebih cepat dilihat viewer dari berbagai sudut. 

4. CPC (Cost Per Click) 

CPC singkatan dari Cost Per Click, artinya biaya iklan dibebankan berdasarkan jumlah klik. Jadi, sebuah iklan misalnya banner bisa dilihat 1000x tapi jika iklan tersebut diklik baru dikenakan biaya kepada advertiser. 

5. CPM (Cost Per Mile) 

CPM singkatan dari Cost Per Mile, artinya biaya iklan dikenakan per 1000 tayang. Itu sebabnya disebut Mile artinya 1000. Tayang artinya dilihat. Jika suatu iklan misalnya banner, diletakan pada suatu halaman dimana halaman website tersebut dikunjungi sebanyak 1000x maka jumlah tayang iklan juga dihitung 1000x. 

Biaya iklan CPC maupun CPM bisa lebih mahal atau lebih murah satu sama lain tergantung dimana iklan tersebut diletakkan. Biaya iklan yang lebih murah belum tentu lebih buruk, dan biaya iklan yang lebih mahal juga belum tentu lebih bagus. Semua tergantung strategi advertiser dan jenis produk yang diiklankan. Rajatraffic hanya menyediakan layanan iklan jenis CPM, tapi jika ada klik tidak dikenakan biaya lagi. Murah bukan? 

Cara Mendaftar Sebagai Advertiser 
Untuk memasang iklan, Anda harus mendaftar dulu sebagai advertiser. Caranya, buka alamat RajaTraffic.net. Klik Daftar di pojok kanan atas. Akan muncul pilihan apakah Anda akan mendaftar sebagai Advertiser atau sebagai Publisher. Karena Anda akan memasang iklan maka klik Daftar Sebagai Advertiser.

Isi semua kolom mulai Nama, Email dan Telephone. 
Isi juga kolom Provinsi, Kota dan Password. Kalau semua sudah diisi dengan benar, klik tombol Kirim. 

Selanjutnya muncul notif bahwa anda harus mengecek email anda. Buka email Anda dari RajaTraffic.

RajaTraffic akan mengirimkan data yang anda gunakan pada saat anda mendaftar. 

Klik pada tombol Klik untuk konfirmasi email 
Sekarang Anda bisa login sebagai advertiser, isi Email dan Password lalu klik tombol Login.

Anda akan masuk ke dashboard advertiser, di sini anda bisa mengatur pemasangan iklan, dll. 

Cara Menambah Deposit 
Sebelum mulai menjalankan iklan, Anda harus menambah deposit. Caranya klik menu Setor Deposit di sebelah kiri 
Klik tombol +Deposit

Isi Form Setor Deposit 
Jumlah deposit bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda, di sini tersedia pilihan: 
· Rp.100.000,- (seratus ribu) 
· Rp.200.000,- (dua ratus ribu) 
· Rp.500.000,- (lima ratus ribu) 

Semakin besar jumlah deposit Anda maka biaya iklan semakin murah dan jumlah tayang semakin banyak: 
· Paket Rp 100.000 = kuota 40.000x tayang atau Rp.2,5/tayang 
· Paket Rp 200.000 = kuota 80.000x tayang atau Rp.2/tayang 
· Paket Rp 500.000 = kuota 250.000x tayang atau atau Rp.2/tayang 
· Paket Rp 1.000.000 = kuota 1.000.000x tayang atau Rp.1/tayang 

Angka unik adalah untuk mempercepat proses pengisian saldo pada akun Anda di RajaTraffic. Jadi pada saat nanti Anda melakukan pembayaran (setor uang ke bank) untuk deposit, sertakan juga angka unik. 
Kalau sudah, klik Lanjutkan. 
Klik Setor untuk melihat rincian. Cara Buka Jasa Promosi Online halaman 18 

Silakan lakukan pembayaran untuk deposit biaya iklan. 
Lanjutkan pembayaran untuk menambah deposit biaya iklan. Anda bisa melakukan trasfer atau setor tunai. 

Cara Memasang Iklan 
Pada menu sebelah kiri, klik Pasang Banner. 
Klik +Pasang Banner atau klik disini. 
Pilih ukuran banner yang Anda inginkan. Semakin besar ukuran banner akan lebih mudah terlihat oleh banyak orang. Buatlah banner dengan desain menarik dan copywriting yang provokatif sehingga membuat viewer (orang yang melihat iklan) akan penasaran klik banner iklan Anda.

Untuk melihat contoh ukuran dan posisi banner, klik tombol contoh banner. 
Anda bisa melihat contoh dan ukurannya. Anda bisa downlot juga kalau dirasa butuh untuk dijadikan contoh. 
Lanjutkan pengisian, pada kolom URL Anda bisa memasukkan alamat tujuan. Banner bisa diarahkan ke website, marketplace, Instagram, Youtube, nomor Whatsapp, dll. 

Untuk memasukkan nomer Whatsapp Anda, gunakan link wa.me/62xxxxxxxx. Pada karakter xx Anda ganti dengan nomer handphone tanpa menggunakan 0 (nol) lagi karena angka nol sudah digantikan oleh kode negara 62. 

Pilih jenis produk yang Anda iklankan agar iklan Anda prioritas ditayangkan pada situs yang sesuai dengan kategori. Dengan demikian viewer Anda akan lebih tertarget (spesifik). 

Nah, Anda bisa mengatur berapa kali iklan banner Anda ingin ditayangkan. Dengan demikian Anda bisa membuat beberapa banner untuk mengiklankan 1 produk atau mengiklankan beberapa produk berbeda di hari yang sama sekaligus.

Anda juga bisa mengatur berapa kali iklan Anda ingin ditayangkan setiap hari. 

Klik tombol Selanjutnya. Iklan Anda akan segera ditayangkan. Anda tinggal duduk manis menunggu report di dashboard iklan Anda. 

Cara Mendesain Banner 
Di agency manapun tidak menyediakan fitur mendesain banner, jadi Anda harus mendesain banner sendiri. Nah, di sini saya akan memberitahu Anda cara mendesain banner tanpa harus menggunakan sofware desain grafis seperti Adobe Photoshop. Menggunakan sofware seperti Adobe Photoshop selain butuh waktu lama untuk mempelajarinya, juga cukup berat bagi komputer dengan spesifikasi standar. Padahal kita Cuma mau bikin 1-2 banner iklan saja. 

Salah satu alternatifnya adalah dengan menggunakan situs online yang gratis, jadi tidak perlu install tapi harus terhubung ke internet. Cara menggunakannya sangat mudah, seperti menggunakan MS Word atau Power Point. Tapi sebelum mulai membuat desain, Satu hal yang harus Anda pastikan bahwa Anda harus tahu ukuran banner yang akan dibuat. Di Rajatraffic, banner iklan hanya tersedia dalam 3 jenis ukuran yaitu: 
· Lebar 800 x Tinggi 320 (horisontal) 
· Lebar 410 x Tinggi 200 (horisontal) 
· 320 x 320 (bujur sangkar) 

Saya akan memberi contoh cara membuat banner iklan dengan ukuran 320x320 pixel. Caranya, buka situs Canva.com, klik tombol Daftar di pojok kanan atas. 

Anda bisa mendaftar dengan Gmail, Facebook atau email lainnya. Saya klik Daftar dengan email. 

Kemudian isi nama, alamat email dan kata sandi untuk login nanti. Lalu klik Mulailah, gratis!

Di sini Anda harus memilih tujuan Anda menggunakan Canva. Saya pilih dan klik Pribadi. 

Anda akan ditawarkan uji coba Canva premium, di sini saya klik “mungkin nanti”. Selanjutnya Anda akan masuk ke pilihan jenis banner, klik sembarang yang mana saja. Tenang, ini bukan bagian dari proses membuat banner, tetapi Canva hanya memperkenalkan kepada Anda tentang fitur apa saja yang mereka punya.

Kalau Anda sudah sampai halaman untuk mengedit gambar, klik menu Beranda di kiri atas. Tujuannya adalah agar Anda bisa membuat banner dengan ukuran khusus yang Anda inginkan (custom). 

Setelah Anda masuk ke halaman Beranda, klik tombol Buat desain di kiri atas, akan muncul menu submenu Dimensi khusus, klik. 

Masukkan ukuran banner yang akan kita buat, di sini saya akan membuat banner ukuran 320 x 320 dengan satuan pixel lalu klik Buat desain.

Anda akan masuk kembali ke halaman kanvas, untuk mengedit gambar. Pada area sebelah kanan Anda akan melihat kanvas kosong, disinilah nanti hasil desain banner Anda akan muncul. 

Di menu vertikal sebelah paling kiri ada menu Unggahan, klik untuk mengunggah foto Anda sendiri sebagai background banner. Untuk mendapatkan foto foto gratis sekelas fotografer profesional, nanti akan saya jelaskan pada bagian lain. 

Setelah itu klik tombol Unggah gambar atau video. Silakan pilih gambar yang ada di komputer Anda yang ingin Anda unggah (upload). 

Tunggu sebentar sampai proses unggah selesai. Jika gambar yang diunggah sudah muncul, klik pada gambar yang sudah diunggah, maka gambar akan muncul pada kanvas.

Seperti ini gambar akan yang akan muncul pada kanvas. Anda tinggal mengatur tata letak foto dengan cara klik lalu seret pada ujung ujung gambar. 

Anda bisa menambahkan gambar latar, menambahkan elemen seperti emoticon, kotak, lingkaran dan lain lain maupun menambahkan teks. Klik pada menu yang Anda butuhkan, tombolnya ada di sebelah kiri yang berderet secara vertikal.

Kalau Anda klik menu Teks, Anda bisa menambahkan judul, subjudul maupun teks isi. Silakan dicoba masukkan sembarang teks, lalu lihat hasilnya pada kanvas Anda. 

Untuk mengubah ukuran, warna, format, caranya klik pada teks di bagian kanvas, nanti akan muncul submenu untuk mengubah ukuran teks, warna teks, jenis teks dan sebagainya seperti berikut. Cara menggunakannya mudah saja, seperti Anda menggunakan MS Word. 

Di bawah ini adalah contoh desain banner yang saya buat. Tips untuk meningkatkan klik adalah tambahkan tulisan “klik di sini”. Atau, Anda juga bisa tambahkan tulisan berisi nomer telepon di dalam banner. Ini dibolehkan karena jenis iklan di RajaTraffic adalah CPM bukan CPC. 

Kalau Anda masih kesulitan untuk membuat desain sendiri, Anda bisa memilih daftar template (contoh desain) yang ada di Canva. Klik menu Template di sebelah kiri, gulung layar ke bawah, masih ada banyak sekali pilihan template yang bisa digunakan. Pilih salah satu template lalu modifikasi sesuai selera Anda. Jika Anda menggunakan template, Anda harus menyediakan foto sendiri. Caranya sama, Anda hanya tinggal mengunggah dengan cara yang sudah saya jelaskan pada bagian sebelumnya.

Jika desain sudah selesai dibuat, klik menu Publikasikan di pojok kanan atas, lalu pilih Unduh. 

Anda akan ditanya apakah Anda ingin mengunduh desain Anda dalam format Jpeg, PNG atau format lainnya. Banner iklan biasanya menggunakan format PNG atau Jpeg, mana saja boleh. Klik Unduh. 

Tunggu sebentar sampai proses unduh selesai, biasanya hanya butuh 3-5 detik. Jika proses unduh sudah selesai, klik tombol Save.

Untuk keluar dari Canva, klik menu Beranda. Jika sudah berada di Beranda, klik nama akun Anda lalu klik Keluar. Selesai. 

Cara Mencari Foto Untuk Banner 

Untuk membuat banner iklan tidak harus selalu menggunakan foto produk aslinya, karena bisa jadi fotonya buram, kurang bagus atau bahkan terlalu ‘ramai’ untuk dijadikan banner iklan. Nah, untuk mendapatkan foto sekelas fotografer profesional, Anda bisa mendapatkan foto gratis dan legal. Jadi kalau Anda memasang iklan misalnya untuk jasa arsitek, Anda bisa cari foto rumah hanya sebagai ikon. Beberapa situs yang menyediakan foto gratis adalah: 
· www-unsplash.com 
· www-pexels.com 
· www-pixabay.com 

Selain itu, Anda juga bisa mencari di pinterest, Flickr, 500px.com, dsb. Saya akan menjelaskan cara mendapatkan foto dari situs unsplash. Caranya, buka situs www-unsplash.com. Pada kolom pencari, saya masukkan jenis foto misalnya iphone. 

Kalau sudah menemukan foto yang cocok, arahkan mouse ke foto lalu Anda hanya tinggal unduh (donload) pada tanda panah. 

Cara Menentukan Harga Jual 
Kalau Anda ingin menjual jasa promosi online, Anda bisa menjual mulai dari harga yang paling murah. Ingat, Indonesia adalah negara berkembang, jadi harga yang paling murah adalah harga yang paling banyak dicari. Kebetulan biaya iklan dari RajaTraffic sudah sangat murah, jadi Anda tidak akan mengalami kesulitan berarti untuk memasarkan jasa Anda.

Cara menentukan harga jual jasa promosi online sangat mudah. Berdasarkan tabel biaya iklan, Anda hanya tinggal mengalikan saja berapa keuntungan yang ingin Anda peroleh. Biasanya, jika klien membeli lebih banyak maka kita memberikan harga diskon, begitu juga cara jual jasa promosi online. Untuk biaya iklan Rp.10.000 Anda jual Rp.20.000, dan untuk biaya iklan Rp.20.000 Anda jual Rp.40.000. Sedangkan untuk biaya iklan Rp.50.000 Anda jual Rp.75.000 dan biaya iklan Rp.100.000 Anda jual Rp.150.000. 


KENALAN DENGAN FACEBOOK ORGANIC MARKETING 


Promosi Produk Gratis Satu strategi promosi online yang paling mudah dilakukan adalah dengan menggunakan facebook personal. Ya, pakai akun Facebook gratisan untuk mendapatkan pembeli. Nah, teknik ini disebut dengan Facebook Organic Marketing. Disebut organic karena memang gratisan, tidak perlu keluar uang sepeser pun kecuali bayar kuota internet, hehe. 
Jika bisnis Anda menggunakan strategi ini, maka ada satu prinsip yang harus dipahami. Prinsip itu adalah 

“Sell Yourself Before Sell Your Product.”

Kalau memang menggunakan Facebook personal untuk promosi, maka kita harus memperkenalkan siapa diri kita sebelum kita memperkenalkan apa produk kita. Kenapa begitu? 

Karena saat menggunakan akun personal untuk jualan, kita tidak bisa tiba-tiba langsung posting status dan berharap banyak transaksi dari sana. Minimal Anda harus dipercaya bahkan disukai oleh target pasar dulu, baru itu ada efeknya ke penjualan. Kenapa begitu? 
Jadi mayoritas orang membeli karena suka dengan penjualnya. Mereka merasa nyaman, lalu kemudian mereka keluar uang. Itulah kenapa sama produknya, sama harganya, sama penawarannya, kalau di facebook, beda penjualnya, beda hasilnya. 

Kesimpulannya, cara kita memanejemen Akun facebook personal akan sangat-sangat mempengaruhi hasil jualan kita. 

Nah, ebook ini akan fokus ke materi untuk memaksimalkan akun personal. Jadi bagaimana dengan modal nyaris nol, cukup punya akun Facebook tapi InsyaAllah bisa menghasilkan. 

Bagaimanakah detailnya? 

Yuk baca Ebook ini sampai selesai ^_^ 

PRINSIP UTAMA FB ORGANIC 
Dalam Fb Organic ada 2 prinsip utama untuk membuat facebook jadi media promosi yang luar biasa. 2 Prinsip ini harus dilakukan, kalau gak maka hasilnya gak akan maksimal. 2 prinsip itu adalah 

Jadi agar Akun Personal Facebook Anda menghasilkan. Hal pertama kali yang perlu dilakukan adalah memastikan akun tersebut berteman dengan target pasar yang Anda bidik. 

Sederhannya begini, hanya orang yang berteman dengan Facebook kita atau yang mengikuti kita yang punya kemungkinan besar untuk melihat produk yang kita promosikan, lalu kemudian membeli. 

Pada dasarnya, setiap produk punya pasar yang spesifik. Seorang yang berusia 15 tahun, kecil kemungkinannya tertarik membeli produk untuk mereka yang usianya 40 tahun, kecuali disuruh atau ingin memberikan hadiah. Hehe. 

Nah ketika iklan Anda muncul dihadapan orang yang bukan target pasar, maka kecil kemungkinannya mereka akan tergerak untuk membeli. 

Jadi, pertama kali yang harus harus harus Anda lakukan jika ingin menjadikan Facebook sebagai media promosi adalah isilah Facebook tersebut dengan orang yang kemungkinan akan beli. 

Nah, ngomong-ngomong soal target pasar. Sering sekali Kami menemukan orang-orang yang ditanya siapa target pasar yang mereka bidik, mereka mengatakan “Semua Orang” 

Ini lah masalahnya. Jualan ke semua orang, itu artinya tidak jualan kesiapapun. Jualan ke orang yang bukan target pasarnya, seperti memasukan kunci ke lubang yang salah. Cuma dapat capek, hehe. 

Karena itu, jika promosi di facebook, isi teman-temannya dengan target pasar terlebih dulu. 

Caranya bagaimana? 

Salah satunya seperti ini. 

Berikut cara mencari target pasar di facebook. 

1. Isi facebook Anda dengan postingan yang menarik. Jadi jangan sampai ketika Anda menambah pertemanan di facebook dengan market yang tertarget, isi facebook Anda kosong. 

2. Cari target market Anda sesuai dengan produk yang Anda jual. Misalnya Baju Anak. 

Masukan kata kunci baju anak kemudian klik search/cari. 
3. Pilih fanpage/halaman atau pilih grup. 
4. Pilihlah postingan pada fanpage dengan jumlah interaksi yang banyak dan waktu postingan paling lama 1 bulan yang lalu. 



5. Setelah dapat, add friends orang orang yang komen. 
6. Add friends juga orang-orang yang like. 

7. Lakukan 6 tahapan diatas setiap hari, maksimal 50 orang per hari agar tidak kena blokir oleh pihak facebook. 


Tentang tean facebook ini ada sedikit tambahan dari kami. Jadi jika ingin hasil dari Media promosi ini besar, maka wajib perbanyak temannya. Kenapa? 

Karena jualan itu matematika sederhana. Dimana semakin banyak orang yang menerima iklan kita, semakin besar hasil yang bisa kita dapatkan. 

“Jangan Pernah Berharap Hasil Besar Dari Jumlah 
Prospek Yang Sedikit”

Selalu ingat, jika kita menawarakan produk ke 10 orang, tentu hasilnya akan berbeda jika kita menawarkan produk ke ribuan orang. Semakin banyak semakin bagus. 

Jadi pertama-tama, pastikan akun Facebook yang digunakan untuk promosi berteman dengan sebanyak-banyaknya target pasar. Sip? 

Jika sudah sudah berteman dengan target pasar, maka hal berikutnya yang perlu Anda lakukan adalah berinteraksi dengan teman-teman facebook Anda. Buat apa? 

Pada dasarnya, mendapatkan teman tertarget, itu adalah mengumpulkan Cold Market dalam 
1 Tempat. 

Apa itu Cold Market? Cold market adalah orang yang tidak tahu siapa Anda, dan tidak tahu produk yang Anda jual, lalu dia juga tidak pernah transaksi sama sekali dengan Anda. 

Nag saat Anda invite seseorang jadi teman, mereka mungkin menerima permintaan tersebut, tapi hanya sampai sana saja. Kalau Anda tidak melakukan strategi berikutnya, maka mengumpulkan teman juga akan sia-sia. 

Strategi berikutnya yang kami maksud adalah mengubah mereka dari Cold Market jadi Warm Market. 

Warm Market adalah orang yang pernah berinteraksi dengan Anda, tapi mereka belum membeli. 

Lalu buat apa diubah ke Warm market? 

Jadi kesalahan kebanyakan orang dalam bermain Facebook adalah, diawal mulai, mereka terlalu bernafsu untuk jualan setelah mendapatkan teman tertarget. Hasilnya? 

Jangankan dibeli produknya. Dapat like saja sudah syukur. . ya kan? 

Hehe. 

Sebaiknya, setelah berhasil mengumpulkan teman, Anda melakukan Interaksi terlebih dahulu. Buatlah akun Facebook Anda "dikenal" oleh target pasar Anda. 

“Terlalu Bernafsu Jualan Sebelum Menjalin Interaksi Dengan Teman Facebook, Hasilnya FATAL”

Ayo sama-sama merenung. Bagaimana pendapat Anda jika ada orang invite Anda jadi teman facebooknya, lalu langsung jualan? Akankah Anda langsung membeli produk tersebut? Mayoritas akan menjawab “GAK BELI”. Nah itulah yang terjadi kepada target pasar yang langsung dijuali begitu berteman, hehe. 

Inilah kenapa, Anda butuh melakukan interaksi. Interaksi akan mendekatkan Anda dengan target pasar dan akan membantu menguatkan keputusan mereka untuk membeli kepada Anda. 

Interaksi ini penting. 

Produk boleh sama, postingannya juga sama, tapi "dikenal" adalah faktor yang membuat seseorang melirik, kemudian membeli. Paham? 

Kita harus sadar bahwa Pengguna facebook itu BANYAK. Dan target pasar kita bukan hanya berteman dengan kita saja, hehe. Di facebooknya mungkin ada puluhan sampai ratusan orang yang posting status setiap menitnya. Nah, agar Anda tidak terlewatkan oleh mereka, Anda harus memancing perhatiannya. Caranya? 

Dengan interaksi tadi. Dengan melakukan LKS alias Like, Komen, bahkan share. Jadi, Setiap target pasar Anda buat status, Like. Gak perlu pilih-pilih, Like brutal aja, Hehe. Yang penting like. Jangan pelit sama like, like gratis koq, hehe. 

Kemudian, kalau status mereka memancing komen, komen. Bahkan kalau bisa mentioned namanya biar lebih meninggalkan kesan. Kalau status mereka layak untuk di share, share statusnya. Intinya, kalau mau dapat perhatian orang lain. Ya harus bergerak. 

Jadikan Facebook Anda sebuah Facebook. Bersosialisasilah. Jangan jualan terus, bosenin, hehe 

Dan tau gak? Selain itu ada manfaat lainnya lho saat melakukan interaksi ini. 

Jadi, di Facebook itu ada sesuatu yang bernama edgerank. 

Apa itu? Jadi, faktanya Facebook tidak akan menampilkan semua postingan teman kita. Yang Facebook tampilkan hanya orang-orang yang masuk ke dalam edgerank saja. Jadi Facebook sudah menyusun, postingan mana yang akan muncul duluan. 

Nah, hal yang sama itu juga berlaku di target pasar Anda. Bisa jadi mereka online, tapi tidak melihat status Anda, karena ada peraturan edgerank ini.

Oleh sebab itu, perbanyak interaksi. Ketika Anda sering interaksi dengan sebuah akun atau sebaliknya, maka sistem edgerank ini bekerja. Jadi Postingan Anda akan didahulukan muncul dihadapan target pasar Anda. Kan enak tuh, jualan tapi di bantu Facebook, hehe. 

“Perbanyak Interaksi Akan Mendekatkan Anda Dengan Target Pasar Anda”

Dan itulah 2 prinsip utama saat jualan di Facebook. 
1. Teman sesuai target pasar 
2. Rutin interaksi 

2 ini gak dilakukan, maka jualan produk semenarik apapun akan sulit laris. Karena itu, jangan sampai lupa dengan 2 hal ini ya. ^_^ 

Kalau sudah paham, kita lanjut ilmu lainnya di halaman berikutnya. 

RUMUS FACEBOOK ORGANIC MARKETING 
Banyak orang mencari-cari cara memaksimalkan Facebooknya sebagai media promosi. Padahal jika boleh kami katakan, ilmu Facebook Marketing ya itu-itu aja. hehe 

Nah, dari hasil pengamatan kami, ada pola yang berulang. Ketika seseorang melakukan ini, alhasil jualan jadi laris manis di Facebook gratisan. Pola ini Kami menyebutnya dengan Rumus Facebook Organic Marketing. 

Nah, apa rumusnya? 

Jadi rumus ini bisa disingkat dengan nama KPK. Terdiri dari 3 huruf K, P dan K. 
KPK disini adalah singkatan dari 

K pertama adalah Konten 
P adalah Personal Branding 
K terakhir adalah Konsisten 

Kami akan jelaskan satu persatu ya. 

Apa itu konten? 

Mudahnya konten adalah segala hal yang Anda posting ke facebook. Ya, semua hal yang Anda posting disana. Salah satunya contohnya adalah status-status facebook, itu termasuk konten.

Nah yang membedakan antara facebook yang menghasilkan dan facebook yang belum terlihat hasilnya adalah konten ini. Jadi mereka para ahli, sangat berhati-hati ketika ingin mengupload konten. Tidak asal-asalan. Kenapa? 
Karena mereka tahu setiap postingan akan memberikan dampak ke bisnisnya. 
Contohnya, kalau seseorang setiap ada masalah upload ke Facebook. Jengkel sedikit ke customer, upload ke Facebook. Hal-hal gak penting upload ke Facebook. Itu ujungnya akan merugikan dirinya dan bisnisnya. 
Karena itu, berhati-hatilah dalam posting status. 

Salah satu cara yang bisa Anda gunakan adalah pilihlah maksimal 5 topik untuk Anda bahas setiap hari di Facebook Anda. 5 topik ini harus bisa membangun hubungan dengan target pasar Anda dan berdampak positif untuk bisnis Anda. Ingat ya, membuat Anda terhubung dan dampaknya positif. 

Lalu apa saja 5 topik yang bisa Anda bahas? 

Pertama, tentu berhubungan dengan produk Anda. 

Kedua, sesuatu yang menarik untuk target pasar Anda 

Ketiga sampai kelima suka-suka Anda, hehe. Yang penting positif. 

Jadi kalau mau posting, jangan jauh-jauh dari 5 hal yang sudah Anda pilih. Gunanya apa?

Agar Anda meninggalkan kesan ke Target pasar Anda. 

Jadi disadari atau tidak, salah satu kesalahan dalam mengelola akun Facebook personal adalah salah mengelola konten. Mereka tidak punya tema, dan selalu ganti-ganti postingan. Jadinya facebooknya gak ada peningkatan, hehe. 

Nah Anda jangan seperti itu ya. 

“Semakin Berkualitas Konten Anda, Semakin Mudah Promosinya”

Membuat konten ini memang tantangan. Tapi bisa dilatih. Kalau Anda sering membuat konten, maka Anda akan sampai disatu titik dimana Anda mampu membuat konten yang bagus. 

Nah ngomong-ngomong soal konten, yang kami maksud Kami postingan jualan ya. 

Jadi memang, ada orang yang setiap posting status, pasti jualan. 

Jelek gak? 

Gak juga sih. Cuma kalau isi Facebooknya hanya promosi, orang tidak akan betah berhubungan dengannya. Rasanya dijuali terus, hehe. Dan ini buruk untuk bisnis. 

Jadi, diatur saja. Perbanyak postinganpositif agar bisa membangun hubungan dengan target pasar. Dan sesekali posting tentang jualan tidak apa-apa.

Jika Anda bisa membuat Konten yang bagus. Nanti orang lain akan betah ke Facebook Anda. Bahkan, saat buka Facebook, mereka tidak scroll-scroll tapi sengaja pergi ke akun Anda untuk membaca posting-postingan Anda, kan enak tuh? 

Oleh karena itu rajin-rajinlah tulis status dan upload konten. Lalu bagaimana Tips membuat konten? 

Jawabannya adalah “Buat Aja”. 

Jangan terlalu over thinking, jangan terlalu banyak berfikir. Buat Anda yang memang sudah lama main Facebooknya, silahkan saja berfikir mau buat konten apa. Tapi jika baru masuk ke dunia Facebook marketing, tulis ya tulis saja. Jangan bingung. 

Buka Facebook Anda, rasakan perasaan yang Anda rasakan. Jika itu berhubungan degnan bisnis Anda, maka mulai tulis. 

Gak papa berantakan diawal. Kualitas tulisan Anda akan semakin bagus seiring berjalannya waktu, hehe. Sederhana ya? 

Ya karena aslinya memang gak rumit.

Selain tips barusan, ada lagi tips dari kami untuk membuat konten. 

Apakah itu? 

Jadi kebanyakan orang itu saat ingin menulis status mereka menggali dari otak. Mengingat-ingat mau nulis apa, dan berfikir sangat keras. Lantas hasilnya gimana? 

Hasilnya biasanya malah bingung, hehe. Koq bisa? 

Jadi otak kita itu cara kerjanya tidak urut. Inilah kenapa kalau otak dipaksa buat status, ya malah pusing. Lalu bagaimana seharusnya? 

Jawabannya adalah gunakanlah otak sebagaimana mestinya. 

Kami adalah orang yang percaya, bahwa otak itu tidak didesain untuk mengingat sesuatu, tapi untuk mengolah sesuatu. Jadi, kalau Anda ingin buat status, maka dekatkan diri Anda dengan sumber ide, lalu olah. 

Apa yang dimaksud dengan sumber ide? 

Sumber ide yang kami maksud adalah hal-hal yang memberikan informasi ke diri Anda. 

Contohnya seperti baca buku, notnon video, ngobrol dengan orang lain, dan sejenisnya. 

Nah jadi kami menyarankan, jika Anda ingin nulis status, maka dekatkanlah diri Anda dengan sumber ide. Dengan begitu otak Anda akan mengolah ide tersebut dan membuatnya jadi status. 

Kebayang ya?

“CaraPraktisMembuat Konten Adalah Dekat DenganSumber Ide”

Ingat, disini mengolah sumber ide ya. Bukan copy paste. 

Copy paste adalah kesalahan fatal dalam Facebook Marketing. Tidak ada pebisnis Online yang benar-benar berhasil dengan copy paste. Rata-rata mereka melakukan remake atau mengolah kembali. 

Kenapa kami gak sarankan untuk copas? 

Karena copas ini masalahnya banyak. 

Pertama, akan membuat orang yang copas jadi tidak kreatif. 

Dia hanya mencari status orang lain untuk di copas dan tidak akan tau caranya membuat status berkualitas. 

Kedua, itu akan membuat bisnisnya tidak kemana-mana. 

Tidak berkah. Banyak orang yang statusnya dicopas, sebenarnya tidak ridha kalau statusnya dicomot gitu saja. Akhirnya mengundang ketidakberkahan, macet deh bisnisnya. 

Selain itu target pasar yang melihat postingannya, kemungkinan besar akan tahu sumber copasnya. Yang ujung-ujungnya malah membuat dia ditinggal target pasar sendiri. Jadi jangan jadi tukang copas tulen ya, hehe. 

Berusahalah membuat status original sendiri. Yakinlah Anda bisa. 

Nah itulah rumus pertama dalam facebook organic, yaitu konten. Sekarang kita bahas rumus kedua.

Apa itu personal Brand? 

Sederhannya, Personal brand kesan yang menempel terhadap diri kita. 
Jadi saat menggunakan Facebook untuk promosi, Personal Brand adalah sesuatu yang penting. 

Kenapa? 

Karena personal brand akan membuat Anda lebih menonjol daripada orang-orang yang menjual produk sejenis. Personal brand akan membuat target pasar menyadari kehadiran Anda, dan akhirnya lewat sana mereka akan menyukai bisnis Anda. 

Karena itu, rumus kedua dalam promosi di Facebook adalah personal brand. Ya, Anda harus bisa membangun personal brand di facebook. Caranya bagaimana? 

Lagi-lagi dengan memperhatikan yang Anda posting. 

Jadi pada dasarnya apa yang Anda posting di facebook adalah cara Anda memperkenalkan diri kepada target pasar. 

Banyak yang main Facebook untuk sekedar jualan saja. Padahal, kalau dia fokus membangun personal brand, maka itu akan memudahkan jualannya.

Sebenarnya penjelasan tentang personal brand akan panjang kalau di jelaskan di ebook ini, tapi jika ingin diringkas. Cobalah jawab 2 pertanyaan dasar ini. 

Yang pertama, Anda mau dikenal sebagai apa? 

Seorang Ahli? 

Penjual produk A? 

Penjual yang amanah? 

Atau apa? 

Kalau Anda bisa menjawab pertanyaan ini, maka pastikan aktivitas Anda di Facebook adalah seputar hal-hal itu. Misal Anda ingin dikenal sebagai seorang pakar, maka banyak-banyaklah share sesuatu yang bersifat informatif dan mengedukasi. 

Jika Anda ingin di kenal sebagai penjual yang humoris, mungkin isi statusnya memancing tawa, dan ketika interaksi Anda banyak melucu. 

Personal brand itu erat kaitannya dengan kesan. Nah, orang lain itu akan menangkap kesan lebih cepat daripada pesan. Jadi, tentukan Anda mau di kesankan seperti apa? Apa karakter yang ingin Anda bangun? Tentukan Anda mau di kenal sebagai apa? 

Kemudian yang kedua, apa yang membuat diri Anda berbeda dengan kompetitor serupa? Atau lebih gampangnya apa ciri khas Anda? 

Dalam Facebook, jika Anda memiliki ciri khas, maka itu akan mempercepat Anda membangun personal brand.

Sekarang kita akan bahas rumus terakhir. Jadi setelah konten dan personal brand, maka hal yang perlu dilakukan berikutnya adalah konsisten. Buat apa konsisten? 

Pada dasarnya 2 rumus sebelumnya tidak akan terbentuk tanpa konsistensi dari Anda. Konsisten akan membuat usaha Anda tajam. 

Jadi pada dasarnya ilmu Facebook marketing itu sederhana, tapi kenapa ada yang gagal mendapatkan hasilnya? 

Jawabannya adalah karena mereka kurang konsisten. 

Jangan pertanyakan kenapa status kita tidak mendapat interaksi sebanyak kompetitor? 

Jawabannya adalah kita mungkin tidak sekonsisten kompetitor. 
Diawal-awal mulai, Anda mungkin belum dikenal, tapi karena Anda konsisten maka setelah beberapa bulan kemudian, orang-orang akan mengenal Anda. 

Mungkin pasar Anda baru sadar kehadiran Anda setelah Anda posting puluhan status bermanfaat. Mungkin personal brand Anda baru terbangun ketika Anda berbulan-bulan di facebook. 

Belajarlah membuat tulisan yang dapat banyak like, banyak komen, banyak share. Ini belajrnya bertahap, bukan bakat. Dan ini semua terbeli ketika Anda konsisten.

Memang, mengulang hal yang sama itu mungkin membosankan. Karena itu hanya sedikit orang yang berhasil. Nah, pastikan Anda termasuk yang sedikit itu. Jangan hari ini semangat buat status, besok lemes lagi, kapan berhasilnya? hehe 

Ada gak Tips untuk konsisten? 
“Ada.” 

Tips agar bisa konsisten adalah kita harus punya alasan yang kuat kenapa melakukan semua itu. 

Alasan akan membuat Anda berenergi. Ketika Anda lemas, Anda ingat alasan tersebut, Anda bisa bangkit lagi. Jadi milikilah alasan yang kuat. 

Tidak konsisten itu bisa karena 2 hal. Pertama karena memang sifat dasarnya. Kedua kareana tidak punya alasan. Kalau memperbaiki sifat dasar, itu tidak bisa instan, tapi bisa diperbaiki. Dan untuk poin kedua, Anda bisa mengusahakannya detik ini juga. 

“Temukan AlasanAgar Anda Konsisten. Semakin Menyentuh Sisi Emosional Anda, Semakin Besar Energi Yang Akan Anda Dapatkan”

TIPS TAMBAHAN YANG SANGAT PENTING 

Jadi begitulah prinsip dan rumus dalam facebook organic, yaitu bagaimana membuat akun fb personal bisa jadi media promosi yang luar biasa. Nah sebagai tambahan, ada satu tips ampuh untuk membuat hal diatas ini lebih menghasilkan, Anda mau tau? 

Jawabannya adalah Funneling ke social messenger. 

Jadi maksudnya dari Facebook, Anda arahkan ke Media promosi yang punya kemampuan mengirimkan pesan langsung secara masal. Kenapa? 

Jawabannya untuk memastikan promosi Anda di terima. 

Di dalam ebook ini, sebelumnya Kami sudah sebutkan bahwa semua teman Facebook kita belum tentu menerima promosi kita. Tapi walaupun begitu, Facebook masih jadi media promosi yang menghasilkan. 

Nah untuk dapat hasil yang maksimal, promosi di Facebook iya, tapi jangan stop sampai sana. Arahkan transaksinya ke WA atau Email. Gunanya agar nanti, ketika Anda punya produk baru atau ada promo, Anda bisa menginfokan langsung kepada orang yang terhubung dengan media promosi tersebut. 

Pikirkan baik-baik. Kalau target pasar Anda tidak menerima promosi Anda, gimana caranya membuat mereka mau beli? 

Hehe 

Karena itu, arahkan dari Fb ke media promosi yang bisa menghubungi langsung, seperti di WA contohnya. Dengan begitu promosi Anda akan sampai tepat sasaran, dan memperbesar kemungkinannya untuk transaksi. Sip? 

Menutup ebook ini pesan kami, jangan cepat puas dan gemarlah untuk belajar. 

Materi Facebook marketing masih banyak. Kami Belum berbicara lebih jauh tentang authority, jenis-jenis postingan, alogaritma, dan lain-lain. Jadi jangan pernah berhenti belajar agar semakin banyak tau. 

Dan Jangan lupa juga untuk mengulang-ulang materi barusan. Jadi mendiang Bruce lee pernah mengatakan 

“Saya Takut Dengan Seseorang Yang Punya 1 Jurus Tapi Melatihnya 10ribu Kali, Dibanding Orang Yang Punya 10ribu Jurus Tapi Hanya Melatihnya Sekali”

Pengulangan akan membuat seseorang menjadi ahli. Dan seorang ahli akan mendapatkan hasil yang lebih baik. Jadi silahkan ulang-ulang belajarnya, ulang-ulang praktiknya. 

di Kota Cilegon, Kota Cimahi, Kota Cirebon, Kota Denpasar, Kota Depok, Kota Dumai, Kota Gorontalo, Kota Gunungsitoli, Kota Jambi, Kota Jayapura, Kota Kediri, Kota Kendari, Kota Kotamobagu, Kota Kupang, Kota Langsa, Kota Lhokseumawe, Kota Lubuklinggau
logo
Kecepatan Sebuah Website Adalah Prioritas Kami.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Subscribe Our Newsletter

    Related Posts

    Buka Komentar
    Tutup Komentar

    0 Response to "Promosi Produk Gratis"

    Post a Comment

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel